Membuat Program Kalkulator Sederhana dengan Bahasa C

LISTING PROGRAM


#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <stdlib.h>

main()
{
    int nilai;
    float a;
    float b;
    float hasil;
    printf("Masukkan pilihan (1-4) : ");
    scanf("%d",&nilai);
    printf("\n");
    switch(nilai)
    {
    case 1 : printf("1. Penjumlahan\n");
        printf("Nilai A : ");
        scanf("%f",&a);
        printf("Nilai B : ");
        scanf("%f",&b);
        hasil = (a + b);
        printf("Hasil penjumlahan : %f",hasil);
        break;
    case 2 : printf("2. Pengurangan\n");
        printf("Nilai A : ");
        scanf("%f",&a);
        printf("Nilai B : ");
        scanf("%f",&b);
        hasil = (a - b);
        printf("Hasil pengurangan : %f",hasil);
        break;
    case 3 :
     printf("3. Perkalian\n");
        printf("Nilai A : ");
        scanf("%f",&a);
        printf("Nilai B : ");
        scanf("%f",&b);
        hasil = (a * b);
        printf("Hasil perkalian : %f",hasil);
        break;
    case 4 : printf("4. Pembagian\n");
        printf("Nilai A : ");
        scanf("%f",&a);
        printf("Nilai B : ");
        scanf("%f",&b);
        hasil = (a / b);
        printf("Hasil pembagian : %f",hasil);
        break;
    default : printf("Bukan pilihan 1 sampai 4");
        break;
    }
    getch();
    return 0;
}

LOGIKA PROGRAM


#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <stdlib.h>


#include <stdio.h>, #include<conio.h> adalah bagian tersebut merupakan bagian pendeklarasikan Bahasa C. Library sdio.h digunakan untuk mengaktifkan fungsi input dan output pada saat program ini dieksekusi. Sedangkan untuk library conio.h yang sekaligus merupakan file header pada bahasa C, digunakan untuk mengaktifkan fungsi getch(); pada saat program ini dijalankan.
main()
{
    int nilai;
    float a;
    float b;
    float hasil;
    printf("Masukkan pilihan (1-4) : ");
    scanf("%d",&nilai);
    printf("\n");
Blok program diatas adalah fungsi main. Pertama mendeklarasikan variabel nilai dengan tipe data integer, kemudian mendeklarasikan variabel a,b, dan hasil dengan tipe data float. Selannjutnya menginput pilihan dan nilainya akan disimpan kedalam variabel nilai.
switch(nilai)
    {
    case 1 : printf("1. Penjumlahan\n");
        printf("Nilai A : ");
        scanf("%f",&a);
        printf("Nilai B : ");
        scanf("%f",&b);
        hasil = (a + b);
        printf("Hasil penjumlahan : %f",hasil);
        break;
Selannjutnya ada percabangan switch case dengan parameter nilai. Pada case 1 mencetak “Penjumlahan”, lalu menginput nilai pertama dan disimpan kedalam variabel a dengan tipe data float. Selanjutnya mencetak nilai kedua dan disimpan kedalam variabel b dengan tipe data float. Jika sudah menginput kedua nilai selanjutnya menjumlah antara nilai pertama dengan nilai kedua dan disimpan kedalam variabel hasil. Selanjutnya mencetak hasilnya dengan memanggil variabel hasil.
case 2 :
 printf("2. Pengurangan\n");
        printf("Nilai A : ");
        scanf("%f",&a);
        printf("Nilai B : ");
        scanf("%f",&b);
        hasil = (a - b);
        printf("Hasil pengurangan : %f",hasil);
        break;
Selannjutnya ada percabangan switch case dengan parameter nilai. Pada case 2 mencetak “Pengurangan”, lalu menginput nilai pertama dan disimpan kedalam variabel a dengan tipe data float. Selanjutnya mencetak nilai kedua dan disimpan kedalam variabel b dengan tipe data float. Jika sudah menginput kedua nilai selanjutnya menghitung dengan operasi pengurangan antara nilai pertama dengan nilai kedua dan disimpan kedalam variabel hasil. Selanjutnya mencetak hasilnya dengan memanggil variabel hasil.
 case 3 :
     printf("3. Perkalian\n");
        printf("Nilai A : ");
        scanf("%f",&a);
        printf("Nilai B : ");
        scanf("%f",&b);
        hasil = (a * b);
        printf("Hasil perkalian : %f",hasil);
        break;
Selannjutnya ada percabangan switch case dengan parameter nilai. Pada case 3 mencetak “Perkalian”, lalu menginput nilai pertama dan disimpan kedalam variabel a dengan tipe data float. Selanjutnya mencetak nilai kedua dan disimpan kedalam variabel b dengan tipe data float. Jika sudah menginput kedua nilai selanjutnya menghitung dengan operasi perkalian antara nilai pertama dengan nilai kedua dan disimpan kedalam variabel hasil. Selanjutnya mencetak hasilnya dengan memanggil variabel hasil.
 case 4 :
printf("4. Pembagian\n");
        printf("Nilai A : ");
        scanf("%f",&a);
        printf("Nilai B : ");
        scanf("%f",&b);
        hasil = (a / b);
        printf("Hasil pembagian : %f",hasil);
        break;
Selanjutnya ada percabangan switch case dengan parameter nilai. Pada case 4 mencetak “Pembagian”, lalu menginput nilai pertama dan disimpan kedalam variabel a dengan tipe data float. Selanjutnya mencetak nilai kedua dan disimpan kedalam variabel b dengan tipe data float. Jika sudah menginput kedua nilai selanjutnya menghitung dengan operasi pembagian antara nilai pertama dengan nilai kedua dan disimpan kedalam variabel hasil. Selanjutnya mencetak hasilnya dengan memanggil variabel hasil.
default :
printf("Bukan pilihan 1 sampai 4");
        break;
    }
    getch();
   
}

Jika user menginput selain 1 sampai 4 maka akan mencetak “Bukan pilihan 1 sampai 4”. Selanjutnya program akan menunggu user menekan enter atau tombol lain.

OUTPUT PROGRAM


EmoticonEmoticon