Membuat Segitiga dengan Python

LISTING PROGRAM

x = int(input('Masukkan tinggi : '))
b = 1
c = 1
while (b<=x) :
    print(' '*x,'*'*c)
    c+=2
    x-=1


LOGIKA PROGRAM
            Dengan menggunakan perulangan while di python kita dapat membuat segitiga sama sisi. Bisa juga menggunakan perulangan for. Dalam perulangan while, suatu blok kode akan dieksekusi secara berulang – ulang selama syarat perulangan terpenuhi. Syarat yang dimaksud disini adalah sebuah operasi yang menghasilkan nilai true atau false.

            Pertama, x = int(input(‘Masukkan tinggi: ‘)) melakukan input dengan tipe data integer lalu mencetak “Masukkan tinggi:” dan hasil input dari user akan disimpan di dalam variabel x. Selanjutnya memberikan harga/nilai awal pada variabel b dan c. Variabel ini fungsinya untuk menentukan tinggi dari segitiganya, bila variabel b diberi nilai/harga awal 0 maka tinggi dari segitiga akan lebih satu dari input.

           Selanjutnya variabel c berfungsi untuk mencetak segitiga dengan “*”. Di perulangan while ada sebuah kondisi bila nilai dari variabel b lebih kecil atau sama dengan x maka akan melakukan statement dibawahnya sampai nilai kondisi bernilai false. Statement dibawahnya mencetak (spasi) yang dikali dengan nilai dari variabel x lalu mencetak lagi “*” yang dikali dengan nilai dari variabel c. Setelah itu variabel c ditambah nilainya dengan 2 dan nilai dari variabel x dikurangi 1. Tujuan dari mencetak (spasi) adalah untuk mencetak segitiga siku – siku terbalik sebelum segitiga sama sisi, tetapi karna yang dicetak hanya (spasi) jadi tidak terlihat spasinya.

OUTPUT PROGRAM




EmoticonEmoticon