Perkembangan dan Arsitektur Web : HTML

Tags



Pengertian HTML Beserta Fungsinya
HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standard yang digunakan untuk membuat sebuah website, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam web browser.
Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan. Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan apa itu HyperText Markup Language satu persatu :
  • Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks yang menghubungkan (link) ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/melompat ke konten yang berbeda.
  • Markup, pengertiannya di sini markup ini menunjukkan bahwa pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada Word Wide Web.
  • Language, meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen. Pada awalnya HTML dikembangkan sebagai subset SGML (Standard Generalized Mark-up Language). Karena HTML didedikasikan untuk ditransmisikan melalui media Internet, maka HTML relatif lebih sederhana daripada SGML yang lebih pada format dokumen yang berorientasi pada aplikasi.
HTML adalah sebuah standard yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standard internet yang didefinisikan dan digunakan oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Dokumen HTML, dokumen html ini sendiri sebenarnya mirip dengan dokumen tulisan tulisan biasa, namun dalam dokumen ini berisi sebuah tulisan yang memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal TAG tertentu. Sebagai contohnya juka kita ingin membuat text yang ditampilkan menjadi miring atau italian font : TEXT MIRING, maka penulisannya dilakukakan dengan cara <i> TEXT MIRING </i>. Tanda <i> dignaran untuk mengaktifkan instruksi cetak miring, diikuti dengan tulisan yang dibuat miring, dan diakhiri dengan tanda </i> untuk menonaktifkan cetak text miring. Jadi dalam pembuatan HTML memiliki format sendiri yaitu dengan tanda “<…>” dan “</…>” sebagai penutup. Dalam pembuatan dokumen HTML format yang biasanya untuk menyimpan yaitu (.html). Selain HTML, dikenal juga xHTML yang merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML merupakan versi tambahan dari HTML. Untuk tahap ini anda boleh menyebut bahwa xHTML itu jugaHTML.
Fungsi dari HTML (HyperText Markup Language), merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan dokumen web, yang bisa dilakukan dengan HTML yaitu :
  • Menentukan format suatu texts
  • Membuat data list
  • Membuat link – link yang ditujukan ke dokumen lain
  • Menyisipkan gambar atau video audio
  • Membuat data yang berbentuk tabel
  • Memodifikasi, atau mengontrol tampilan dari web page dan kontennya (sekarang dapat dimudahkan dan semakin bagus dengan tambahan css)
  • Membuat sebuah form isian
Struktur HTML, adalah sebuah susunan dalam sebuah HTML yang wajib terdapat didalamnya. Struktur ini wajib ada, karena bila tidak ada struktur dasar HTML, script tersebut tidak akan berjalan dengan baik.
  • Elemen terdiri dari tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan penutup. Contohnya untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web broswer elemen yang digunakan yaiut title. Dimana <title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
  • Tag adalah texts khusus yang berupa dua karakter, pembuatan HTML memiliki format sendiri yaitu dengan tanda “<…>” dan “</…>” sebagai penutup. Dalam pembuatan dokumen HTML format yang biasanya untuk menyimpan yaitu (.html). yang merupakan tag tag dasar html :
  1. <HTML> </HTML>
Tag <HTML> dan </HTML> digunakan untuk menandai awal dan akhir dari suatu file HTML.
  1. <HEAD> </HEAD>
Berisi keterangan informasi, seperti title dan jenis dokumen, ditulis diantara HEAD tags.
  1. <BODY> </BODY>
Bagian tag BODY menandai awal dan akhir dari badan dokumen HTML. Tag ini memiliki sejumlah attribut dapat ditentukan.
  1. <FOOTER> </FOOTER>
<footer> digunakan pada bagian bawah halaman, dimana kita menampilkan beberapa informasi mengenai website. Paling jelas adalah untuk  bagian footer halaman (meletakkan copyright, about us, dll), tag ini juga cocok digunakan pada bagian bawah artikel untuk menampung informasi tambahan seperti ‘tentang penulis‘atau link untuk share ke sosial media.
sebagai hasil dari contoh diatas dapat dilihat di browser.

Sumber :




EmoticonEmoticon