Apakah Benar Linux Lebih Cepat dari Windows?

Tags

linux lebih cepat dari windows 1
Banyak yang mempertanyakan apakah Windows masih kalah cepat dari Linux. Namun, kenyataannya memang Linux itu lebih cepat daripada Windows. Lalu, kenapa Linux bisa diklaim kalau lebih cepat dari Windows, mana buktinya?

Kernel

linux lebih cepat dari windows 2
Ya, unsur pertama kenapa Linux dapat diklaim lebih cepat dari Windows adalah karena perbedaan dari rancangan kernel-nya. Itulah alasan besar kenapa Linux menang dari Windows. Linux itu memilki monolithic kernel, yang berarti itu memegang setiap fungsi inti yang dibutuhkan oleh OS, seperti driver, manajemen memori, penjadwal tugas, dan file system.

Punya Kompatibilitas yang Baik

linux lebih cepat dari windows 3
Ya, salah satu alasan kenapa Linux lebih cepat dari Windows adalah Linux punya kompatibilitas yang baik dengan berbagai hardware. Coba lihat saja sistem operasi seperti Windows 7 atau Windows 8. OS tersebut butuh minimal RAM 1GB untuk berjalan dengan baik. Sedangkan, Linux itu OS yang enteng dan gak memakan kapasitas memori sistem yang besar.

Software Linux Berukuran Kecil

linux lebih cepat dari windows 4
Seperti yang telah disebutkan di atas, Linux itu ringan maka software yang digunakannya juga ringan. Inilah yang membuat Linux jadi lebih cepat dari Windows. Sedangkan, software Windows kebanyakan punya ukurang yang relatif besar, sehingga berat ketika dioperasikan.

Sumber :
https://jalantikus.com/tips/linux-lebih-cepat-dari-windows/


EmoticonEmoticon