Cara - cara mengamankan jaringan wireless

Metode Mangamankan Jaringan Wireless

Jaringan Wireless sudah ada di mana-mana . Selain mudah dibuat dan tidak ribet, alat yang dibutuhkan pun sekarang sudah cukup murah.  Untuk membuat jaringan Wireless dua komponen utama dalah AP (Access Point) dan Wireless Card. Untuk AP, anda bisa membelinya dengan harga sekitar 200 ribu sampai 500 ribu. Dengan Wireless  murah seharga 200 ribuan, anda bisa menghubungkan 10 client dalam satu jaringan. Komponen kedua yaitu Wireless Card biasanya sudah menempel di Client (Notebook),  jika kita akan membangun jaringan wireless menggunakan PC, maka jangan lupa tambahkan Wireless Card yang  biasanya di tancapkan di Slot PCI atau USB.Tentunya jika jaringan wireless ini ingin berbagi koneksi internet, maka perlu langganan koneksi seperti Speedy atau Wireless ISP.
Kata pakar IT (yang jelas bukan Roy suryo), semakin mudah suatu sistem, maka makin rendah keamanannya.  salah satu bentuk ancaman dalam jaringan seperti ini adalah penggunaan resource(misal akses internet, pengkopian data rahasia oleh pihak luar atau perusakan sistem  seperti menghapus file,mengubah konfigurasi dll.
Untuk mencegah berbagai macam ancaman diatas, maka perlu pengamanan. Ahli jaringan sudah memikirkan hal ini jauh jauh hari. Berikut ini adalah metode pengamanan jaringan wireless yang banyak di implementasikan, terutama oleh Hotspot internet cafe atau perusahaan.  metode pengamanannya meliputi Mac Address Filtering, Wireless Key, aotentifikasi user (login) atau kombinasi dar i ketiganya.
MAC Filtering
Pengamanan dengan metode ini dilakukan dengan cara mendaftarkan Mac Address  setiap device (notebook/PC/Mobile gadget). cara ini “cukup” aman karena hampir dipastikan hanya device yang tedaftar saja yang bisa memakai jaringan tersebut.
Wireless Key
Wireless key adalah kunci yang ditanam di Access Point. Setiap device yang akan terhubung ke jaringan diminta memasukan wireless Key, biasanya wireless key ini diberi tahu hanya kepada pengguna jaringan yang sah. Ciri dari penggunaan keamanan jenis ini adalah adanya gambar gembok SSIDnya dan saat anda ingin terkoneksi maka muncul tampilan diatas.
Autorisasi Login
Cara yang terakhir menggunakan kombinasi username dan password. Biasanya harus daftar dulu, cara ini sering dipakai di hotspot cafe, dan biasanya di beri batasan quota bandwidht atau waktu.
Jika cara diatas dirasa kurang aman (karena anda paranoid) maka gabungkan saja ketiga cara diatas. maka dijamin keamanan anda cukup susah di tembus orang orang yang pada ngaku hacker. Selain 3 cara diatas, jangan lupa hidupkan fitur AP Isolation di Wireless AP nya agar sesama client tidak bisa saling mengakses, ini juga untuk menjamin privasi dari user.
Langkah terakhir adalah keamanan fisik. letakan Peralatan wireless di tempat yang aman serta jauh dari jangkauan user, karena jika user bisa dengan bebas mengakses secara fisik peralatan jaringan tadi, user yang nakal bisa mereset konfigurasi dengan mudah atau bisa membuat username /password di di Jaringan anda.

Sumber :
http://www.candra.web.id/metode-mangamankan-jaringan-wireless/


EmoticonEmoticon