Game Industri

Definisi games sendiri dalam bahasa Indonesia adalah permainan, sedangkan arti kata industri adalah suatu kegiatan usaha yang menghasilkan suatu nilai. Jadi Definisi Industri Games adalah suatu kegiatan usaha games yang menghasilkan keuntungan ataupun hasil yang baik. Atau Games industry adalah suatu pekerjaan dalam pengembangan, pemasaran dan penjualan video game.
Komputer dan video game industri telah berkembang dari pasar ke pasar sejak tahun 1970-an. Games merupakan sesuatu yang cukup akrab di telinga segala kalangan masyarakat. Biasanya game dimainkan pada sebuah gadget atau seperangkat alat tertentu, baik secara offline maupun online alias terkoneksi Internet.

Seiring perubahan zaman dan teknologi, perkembangan industri game di dunia ternyata menciptakan potensi bisnis dengan nilai yang cukup luar biasa, termasuk di Indonesia.
Perkembangan industri game di Indonesia berawal pada tahun 90an. Waktu itu sudah mulai kelihatan ramainya game konsol seperti Nintendo, Playstation, dll. Zaman itu pelaku industri game di Indonesia kebanyakan hanya sebagai distributor, karena masih era game konsol, belum ada developer atau pengembang game lokal di Indonesia.
Setelah era game konsol, masuklah era game online, sekitar awal 2000-an. Di sini juga mulai bermunculan namanya publisher, yakni perusahaan atau individu yang memiliki hak ekslusif untuk menerbitkan atau memasarkan setiap judul game.
Industri Permainan di Indonesia mulai berkembang semenjak banyak game-game legal dari luar yang masuk ke Indonesia. Namun karena mahalnya biaya untuk membuat copyright dan membuat alur cerita game maka developer asal Indonsia mengalami kesulitan. Waktu itu  untuk mengembangkan satu judul game saja, bisa menelan dana sebesar Rp10 miliar hingga Rp20 miliar. Sekarang anggarannya bisa Rp50 miliar – Rp100 miliar untuk membuat game dengan jalan cerita panjang dan grafis yang bagus. Ini hanya pengembangan saja, belum biaya marketing dan lain-lain.

Sumber :
http://musthovadhiqi.blogspot.com/2016/12/games-industry.html


EmoticonEmoticon