Membuat Menu Menggunakan Python

Listing Program



Logika Program

Blok program diatas adalah class utama dan nama kelasnya hasil di dalam class ini terdapat fungsi untuk menghitung luas persegi panjang, lingkaran, dan segitiga. (self) adalah parameter untuk setiap fungsi di dalam class. Untuk luas bangun persegi panjang rumusnya panjang x lebar, variabel panjang dikalikan dengan variabel lebar. Parameter self ditambahkan sebelum variabel.
Untuk fungsi selanjutnya ada lingkaran. Sama seperti persegi panjang diatas, namun bedanya ada pada perhitungan. Luas lingkaran adalah phi (3,14) dikali r2 . untuk r digunakan variabel self.jari. **2 maksudnya adalah pangkat, pada python pangkat diartikan dengan tanda bintang 2 (**).
Selanjutnya fungsi segitiga. Sama seperti fungsi lingkaran dan fungsi persegi panjang menggunakan parameter self. Yang berbeda juga di perhitungannya saja, untuk menghitung luas segitiga menggunakan rumus alas x tinggi / 2. Angka 2 disini bisa diganti 0,5 dan dikali dengan alas dan tinggi.

            Pada blok diatas ada class anak. Class anak ini adalah inheritance (pewarisan) dari class hasil. Di baris berikutnya ada method constructor dengan parameter self, Method constructor merupakan sebuah method yang akan otomatis dipanggil ketika objek di instantiasi. Di dalam method constructor terdapat variabel - variabel untuk dipakai di class hasil, seperti self.panjang, self.lebar, self.jari, self.tinggi, dan self.alas. variabel – variabel tersebut akan menyimpan inputan dari user dengan tipe data integer.



            Blok diatas berfungsi untuk menampilkan hasil inputan dari user, mulai dari persegi panjang sampai tinggi segitiga. Untuk fungsi pertama ada cetak dengan parameter persegi dan pada output nanti akan menampilkan hasil input dari panjang dan lebar. Pada jari jari, alas segitiga dan tinggi segitiga sama seperti itu yang membedakan hanya parameter dan nama class saja.

            Pada blok diatas berfungsi untuk mencetak semua fungsi dan class yang telah di buat. Pertama membuat objek dengan nama objek. Selanjutnya mendeklarasikan objek class anak. Di baris selanjutnya mencetak judul “MENCETAK LUAS PERSEGI PANJANG” dan memanggil fungsi cetak dengan objek, lalu memanggil fungsi PP yang ada di class hasil dengan objek.

   Selanjutnya sama seperti sebelumnya mencetak “MENCARI LUAS LINGKARAN” lalu  memanggil fungsi cetak1 dan fungsi lingkaran yang berada di class hasil dengan objek.Yang terakhir, sama seperti sebelumnya mencetak judul dan memanggil fungsi cetak2 dan segitiga.

            Pada blok diatas terdapat while True yang artinya kondisi dari perulangan while akan selalu true dengan kata lain while akan terus mengulang statement berkali kali hingga user yang memberhentikannya atau dengan statement break. Selanjutnya mendeklarasikan variabel x sebagai input bertipe data string dan mencetak “\nCoba Lagi ? Y/N \n”. \n fungsinya untuk enter dalam python. Di baris selanjutnya ada percabangan if elif else, dengan kondisi jika user menginput “y” atau “Y” maka akan mencetak blok program sebelumnya dan jika user input “n” atau “N” maka akan mencetak “Terima Kasih” dan perulangan berhenti. Dan jika mencetak selain yang diatas maka program akan keluar.




Output Program

     


EmoticonEmoticon