Pemodelan Grafis untuk Game

Tags

Pemodelan Grafis untuk Games



Menggambar Karakter

Sebelum membuat karakter, yang harus ditentukan terlebih dahulu bentuk kostum dan mimic yang ingin kita buat. Apabila bentuknya berupa manusia maka bentuknya seperti manusia, mempunyai tangan, kaki, mata, hidung mulut, badan, rambut. Karakter manusia bermacam-macam jika dilihat dari sifat ada yang pemarah, lembut, baik, jahat, genit, pemalu, penakut, pemberani dan lain-lain. Jika dilihat dari fisik ada yang tinggi, pendek, rambut panjang, putih, hitam, mata sipit, dan lain-lain. Bisa karakteristik dilihat dari gaya bicara sesuai bahasa daerahnya. Pembuatan karakter 3D dapat menggunakan aplikasi 3D MAX, AUTOCAD, Blender, dan lain-lain.
Karakter yang baik harus dibuat memenuhi kriteria tertentu dan merepresentasikan game yang akan  dibuat. Dalam pembuatan karakter terdapat beberapa tips yang dapat diikuti. Seorang karakter akan menjadi menarik jika memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Karakter itu menginginkan sesuatu untuk dicapai.Untuk mencapai keinginannya itu si karakter harus berjuang menghadapi berbagai tantangan. Hal ini dapat berupa kepemilikan tubuh, sebuah hubungan, keadaan pikiran, dll.
  2. Bagaimana kita memilih konflik yang akan terjadi pada si karakter. Ada beberapa metode pemilihan masalah untuk karakter yang akan kita buat.
  3. Trait vs trait : Tujuan karakter terbagi menjadi dua yang saling seimbang atau cacat membuat dia sulit mendapatkan apa yang diinginkannya. Kasus sederhananya bisa berupa “duty vs survival” misalnya kita dihadapkan pada masalah menyelamatkan tawanan dengan taruhan nyawa. Contoh lainnya adalah “social justice vs law” seperti pada cerita Robin Hood.
  4. Double-Edged Sword : Apa yang membuat karakter yang kita buat menjadi seorang pahlawan sekaligus membuatnya menderita. Contohnya Superman harus membenarkan apa yang salah walaupun mustahil untuk dilakukan dan Lex Luthor telah menunggunya dengan membawa setengah ton kryptonite.


Tips Character Design

Designer game sekaligus presiden Shiny Entertainment David Perry yang telah menelurkan banyak karakter game yang sukses di pasaran misalnya Earthworm Jim, Wild 9, Messiah, Sacrifice, dan The Matrix memberikan 3 saran dalam menciptakan karakter game yang baik, sebagai berikut :
  1. Humor adalah elemen yang sangat penting dari entertainment. Jadi jika Anda bisa membuat karakter tersebut menghibur,  jalan ke depan akan lancar. Selain itu, adanya kemampuan spesial suatu karakter juga bagus. Di samping itu, menambahkan hal-hal yang lucu bisa meningkatkan kualitas karakter.
  2. Karakter yang bagus adalah karakter yang memiliki siluet yang unik. Jika Anda dapat mengenali sebuah karakter hanya dari outlinenya, maka Anda telah membuat sesuatu yang “berbeda”.
  3. Senjata-senjata baru yang menarik juga sangat penting, karena tidak ada yang lebih buruk daripada memainkan game yang karakternya hanya memiliki satu senjata yang membosankan sepanjang game.


Menggambar Anatomi

Environment (Latar Tempat)
Latar tempat yang akan digunakan dalam pembangunan game menggunakan latar tema pengenalan angka. Dalam permainan pemain akan bermain disuatu taman dan diharuskan memasangkan angka tersebut dengan angka latin atau bentuk angka berupa bingkai angkai buram sesuai. Lingkungan (environment) atau latar tempat dalam game merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat penting. Lingkungan yang sesuai akan mendukung konsep gameplay, cerita bahkan karakternya. Pada Game Desain lingkungan sangat dipengaruhi oleh genre game tersebut. Selain genre yang mempengaruhi desain lingkungan adalah konsep cerita dan tema pada game.
Storyboard
Storyboard adalah gambar–gambar yang mewakili pengambilan gambar dalam sebuah scene atau adegan. Gambar yang terdapat didalam storyboard adalah gambar yang telah diimajinasikan yang nantinya akan divisualkan sesuai alur skenario yang telah dibuat

Menggabungkan Karakter dan Environment Beserta Animasi

Compositing
Compositing adalah tahap penggabungan, maka dalam tahap ini yang harus dikerjakan adalah menggabungkan animasi karakter dengan environment yang sebelumnya sudah di buat. Proses composting ini merupakan proses yang cukup mudah namun tetap memerlukan ketelitian untuk tepat saat menyusun tata letak layer objek yang didalam proses sebelumnya telah dipisah.

Rendering
Rendering adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model melalui program komputer. Rendering merupakan proses yang sangat penting dan telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan, seperti program permainan komputer, efek spesial pada film dan program simulasi.



Daftar Pustaka

Wahana Komputer. 2010. 3D Studio Max 2010 Untuk Pemodelan 3 Dimensi Profesional, C.V Andi Offset, Yogyakarta

http://www.dinus.ac.id/wbsc/assets/dokumen/majalah/Pemodelan_Karakter_Animasi_3D.pdf (Diakses pada tanggal 21 September 2017, pukul 13:45 WIB)

http://jurnal.narotama.ac.id/index.php/narodroid/article/download/66/57 (Diakses pada tanggal 22 September 2017, pukul 08:05 WIB)



EmoticonEmoticon